Revolusi Industri 4.0 membuat semua sektor kehidupan berubah sangat cepat. Terutama di bidang teknologi, hal ini dikarenakan Revolusi Industri 4.0 sangat identik dengan penggunaan teknologi yang massive. Teknologi yang paling menjadi ciri khas Revolusi Industri 4.0 adalah teknologi internet. Konektivitas tak terbatas menjadi kata kunci dari Revolusi Industri yang sama sekali baru ini. Jumlah pengguna internet di tahun 2020 sudah berada di angka hampir 150 juta jiwa. Penetrasi yang luar biasa. Hal ini pula yang merubah perilaku manusia berubah juga. Termasuk meningkatnya angka jumlah belanja online yang terkenal dengan kemudahannya. Tinggal duduk dirumah, beli di online shop, bayar menggunakan SMS Banking, M-Banking, atau Internet Banking, maka barang sudah diantar oleh kurir ekspedisi sampai ke tangan kamu. Ada juga online shop yang memberikan Fitur COD (Cash On Delivery) atau bayar ditempat jika barang sudah diterima.

Trend ini semakin hari semakin naik seiring banyaknya orang di Indonesia yang memang dirasa lebih nyaman dan mudah untuk belanja secara online. Tentu ini membuat para pedagang online merasakan dampak keuntungan yang besar seiring dengan laris dan laku kerasnya dagangan mereka. Pembeli atau konsumen juga semakin menyadari kemudahan dan banyaknya waktu yang dapat dihemat dengan melakukan belanja secara online.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan selama 5 tahun terakhir, harga yang harus dibayar untuk koneksi internet di Indonesia yang semakin cepat malah menjadi semakin murah saja. Selain itu harga dari perangkat pendukung seperti smartphone, tablet, dan laptop juga relatif semakin murah saja. Hal ini juga yang membuat kita semua menjadi tidak perlu heran kalau pertumbuhan transaksi di dunia online shop Indonesia menunjukkan grafik yang naik secara tajam.

Untuk kemudian agar dapat memanfaatkan situasi yang menguntungkan ini, tentunya saat ini kamu mulai berpikir, harus segera memulai jualan secara online nih. Akan tetapi kami mengerti kalau sebagian kamu tidak mengerti cara memulainya, lalu timbul pertanyaan berikutnya, lantas bagaimana caranya?.

Sebenarnya ada banyak cara jualan yang bisa kamu gunakan. Banyak strategi yang bisa membuat online shop kamu bisa laris. Juga didukung banyaknya platform/sistem online shop yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online. Oleh karena banyaknya pilihan tersebut, biasanya orang awam kebanyakan akan menjadi bingung, malah tidak mengerti harus memulai dari mana.

Kamu tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia platform online shop yang mudah digunakan dengan pengunjung yang banyak setiap hari nya. Platform online shop ini lebih populer disebut sebagai marketplace. Disebut marketplace dikarenakan platform ini adalah sebuah website atau aplikasi Smartphone yang memberikan fasilitas untuk proses penjualan dan pembelian yang bersumber dari berbagai toko yang ada di dalamnya. Jika ditelaah lebih dalam, marketplace ini memiliki konsep dan prinsip kerja yang kurang lebih mirip dengan pasar tradisional di dunia offline.

Kami akan memberikan salah satu contoh cara daftar dan cara jualan di Tokopedia. Hal ini dikarenakan Tokopedia masih memuncaki jumlah pembeli dan pengunjung terbanyak per hari ini. Berikut ini adalah Cara Daftar dan Cara Jualan di Tokopedia :

  1. Download Aplikasi Tokopedia di HP mu. Bisa melalui Android Playstore maupun IoS.

  2. Buka aplikasi kamu kemudian » Klik “Akun” » Klik “Akun Toko”. Buat akun Tokopedia baru untuk membuat Akun Toko baru kamu.

  3. Kemudian cari dan Klik “Buka Toko Gratis”. Jangan lupa Persiapkan data-data yang akan digunakan untuk membuka toko baru.

  4. Masukkan nomor HP kamu dan lakukan verifikasi. Khusus untuk pengguna baru diwajibkan memasukkan nomor HP dan melakukan verifikasi dengan menggunakan kode OTP.

  5. Masukkan nama pemilik akun atau Nama kamu. Saran kami wajib hukumnya menggunakan nama yang sesuai dengan KTP untuk keperluan penarikan saldo ke rekening bank agar mudah dilakukan.

  6. Tentukan nama toko sesuai dengan keinginan kamu dan nama domain yang mudah diingat. Pastikan juga nama toko dan domain toko kamu semudah mungkin untuk diingat dan tidak ada rencana akan diubah.

  7. Jangan lupa juga untuk isi survei secara singkat tentang berjualan di Tokopedia. Jawab pertanyaan dengan benar dan jujur agar sistem Tokopedia dapat lebih mengenal kamu dan bisa memberikan pengalaman berjualan yang lebih baik.

  8. Isi alamat lengkap toko toko kamu dengan lengkap. Pastikan ada nama jalan, nomor bangunan atau nomor rumah, serta RT dan RW yang lengkap pula, hal ini untuk memudahkan kurir ekspedisi melakukan penjemputan atau mengantar barang ke tempat kamu.

  9. Kini pembuatan online shop kamu telah Selesai! online shop kamu sudah dapat mulai digunakan.

  10. Yang terakhir jangan lupa untuk melakukan Upload produk sebelum 90 hari sejak kamu Mendaftar dan download juga aplikasi Tokopedia Seller untuk kemudahan mengatur online shop kamu.

Berikut ini adalah Tips dan Trik Cara Jualan di Tokopedia agar Laris :

  1. Gunakan foto produk yang bagus dan menarik untuk listing kamu.Untuk memasang foto yang menarik, kamu bisa menggunakan mini photo studio sebagai latar belakang dari foto kamu.

    Mini Photo Studio

  2. Pelajari data penjualan. Data adalah kekuatan baru di era digital. Dengan data yang baik kamu bisa memprediksi penjualan kamu, mempelajari sifat dan karakter dari pelanggan kamu, dan merencanakan strategi bisnis kamu ke depan. Pada dashboard seller di akun Tokopedia kamu, kamu dapat melihat data penjualan kamu per hari nya. Kamu juga bisa membandingkan keseluruhan jumlah transaksi dan transaksi yang berhasil.
    • Antara Packer menyediakan app gratis yang bisa kamu download dari Google Playstore. Kamu dapat menyambungkan akun online shop kamu ke app Antara Packer dan kamu dapat melihat data mengenai penjualan dan pergerakan barang kamu setiap harinya. Tidak ada biaya yang dipungut untuk aplikasi ini. Jika kamu berjualan di lebih dari satu marketplace, kamu juga bisa sekaligus menyambungkan semua akun online shop kamu ke aplikasi ini.

    Dashboard Seller Tokopedia

  3. Promosikan jualan atau online shop kamu di social media, seperti Instagram. Banyak online shop mendapatkan pelanggan baru mereka melalui social media. Instagram adalah platform yang cocok untuk berjualan online, karena bukan hanya kamu bisa mem-posting gambar dari listing kamu, tapi kamu juga bisa boost post kamu. Arti kata lain, kamu bisa menjadikan post instagram kamu sebagai iklan. Bukan hanya itu, Instagram adalah platform yang cocok untuk kamu berinteraksi dengan pengunjung dan pelanggan toko kamu.

    Social Media

  4. Jaga kualitas dari packing kamu. Gunakanlah packaging material (kemasan) yang rapi dan berkualitas baik.
    • Antara Packer menyediakan berbagai jenis packaging yang bisa kamu beli yang cocok untuk jualan kamu. Coba cek toko kami: https://bit.ly/3c0LcdF

    Pastikan Kamu Menggunakan Packaging yang Berkualitas

  5. Salah satu tantangan dari memiliki online shop adalah jumlah pesanan yang sewaktu-waktu dapat melonjak, apalagi pada musim-musim tertentu atau event sale. Hal ini akan menyulitkan kamu dalam merencanakan dan memiliki jumlah karyawan toko yang pas. Namun, disatu sisi, kamu juga harus memenuhi kebutuhan pelanggan kamu dengan baik dan tepat waktu.
    • Tidak hanya itu, memiliki tenaga packing yang berkualitas juga sangat penting dan essential untuk sebuah online shop. Kamu tidak bisa sembarangan mempekerjakan sembarang orang, karena jika hasil kerjanya tidak maksimal, barang yang dikirimkan ke pelanggan bisa rusak/salah dan pada akhirnya pelanggan pun enggan untuk berbelanja lagi di toko kamu. Kembali lagi, kunci dari online shop yang sukses ialah kualitas barang yang dikirimkan dan ketepatan waktu pengiriman.
    • Jika kamu pusing untuk mencari tenaga kerja untuk dipekerjakan atau membutuhkan tenaga kerja tambahan, kamu dapat memanggil jasa packing on-demand dari Antara Packer.
    • Dengan Antara Packer, kamu tidak ada komitmen dan kamu bisa menyerahkan seluruh kebutuhan packing online shop kamu ke kami. Kami dapat memastikan bahwa tenaga kerja yang kami berikan adalah tenaga kerja yang berkualitas, berpengalaman dan terpercaya. Harga yang kamu perlu keluarkan pun juga sangat kompetitif, dimulai dari Rp 2.000 / pesanan. Jadi, disaat kamu lagi sepi orderan, uang yang kamu keluarkan pun lebih sedikit.
    • Coba cek layanan kami: https://www.antarapacker.com/layanan/

    Antara Packer

Semoga tutorial dan tips dan trik kami dapat membantu kamu untuk mulai berjualan online di era digital ini. Jangan mau ketinggalan!