Pasti banyak dari kamu yang ingin memulai berjualan online tapi masih gak tau gimana caranya dapetin supplier. Jangan takut, kami akan memberikan tips dan trik untuk kamu bisa mendapatkan supplier . Sebelum itu, kamu harus mengerti dulu rantai pendistribusian barang. Rantai pendistribusian barang dimulai dari produsen, lalu turun ke distributor dan distributor mendistribusikan ke reseller atau dropshipper. Perbedaan reseller atau dropshipper adalah, reseller membeli barang dari distributor sebagai inventori, tapi bukan dalam jumlah besar. Dropshipper tidak memegang stock sama sekali, mereka hanya mengurusi penjualan dan jika ada orderan, itu langsung disampaikan ke supplier. Semakin tinggi supplier kamu di rantai distribusi ini, semakin murah harga yang akan kamu dapat.

Nah, dimana kamu bisa menemukan para supplier ini? Ada empat cara praktis untuk mencari para supplier, yaitu menghadiri bazaar atau sentra industri, marketplace, menjadi bagian dari komunitas, dan website pembanding harga.

Menghadiri Bazaar atau Sentra Industri

Pasar Tanah Abang

Cara paling mudah untuk bisa langsung bertemu dengan supplier idaman kamu adalah dengan menghadiri sentra industri di kota kamu. Dengan langsung datang ke lokasi penjualan/produksi mereka, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat. Kamu bisa mempelajari cara produksi, kamu juga bisa membandingkan kualitas barang yang ingin kamu beli. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjalin relasi dengan supplier itu sendiri. Dengan relasi yang baik, kamu bisa jadi menawar dan mendapatkan harga terbaik.

Jika kamu datang ke sentra industri atau ke bazaar misalnya, kamu juga bisa langsung melihat berbagai macam vendor. Jadi, pilihan kamu bisa lebih banyak dan kamu bisa membandingkan harga dan kualitas dari tiap tiap vendor.

Contohnya, kalau kamu ingin berjualan baju atau barang fashion, kamu bisa langsung datang ke Tanah Abang atau ke Bandung. Jika kamu ingin berjualan barang elektronik, kamu bisa ke Glodok. Jangan lupa juga untuk mengecek event bazaar atau pameran bisnis di kota kamu.

Melalui Marketplace

Marketplace Indonesia

Kalau kamu tidak punya waktu untuk langsung mengunjungi sentra bisnis atau event bazaar, kamu jika bisa mencari supplier lewat marketplace. Di dalam marketplace kamu bisa menemukan berbagai macam pedagang, distributor, reseller, dropshipper, penjual tangan pertama, maupun importir.

Marketplace lokal iyalah seperti platform belanja Tokopedia, Shopee, Lazada, Bli Bli, JD.ID, Bukalapak, dan lain-lain. Jika kamu ingin coba mencari supplier dari luar negeri, terlebih lagi dari China, kamu dapat mengakses Alibaba atau Aliexpress.. Di artikel kami sebelumnya, kami sudah mengulas tentang Shopify yang memiliki fitur yang dapat menghubungkan kamu dengan mudah dengan para penjual di Alibaba atau Aliexpress.

Baca juga: 5 Tools yang Membantu Penjualan Kamu!

Namun saat mencari supplier di marketplace, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

Alamat dan Kontak yang Jelas

Pastikan kamu menghubungi pihak yang dapat dipercaya. Cek dulu apakah toko yang kamu temukan memiliki alamat dan kontak yang jelas.

Feedback

Di marketplace, kamu dapat melihat feedback yang diberikan oleh customer mereka sebelumnya. Dari feedback atau ulasan yang diberikan customer mereka sebelumnya, kamu dapat menilai pelayanan dan juga kualitas barang yang mereka jual. Pastikan membeli dari toko yang memiliki banyak feedback.

Waktu Terakhir Login

Hal ini penting sekali diperhatikan, dikarenakan banyak penjual yang juga sudah tidak aktif berjualan di platform market namun belum menghapus jualan atau listing mereka. Pastikan kalau mereka online dalam waktu 24 jam terakhir.

Peraturan Toko

Pastikan kamu mengerti peraturan toko yang menyangkut retur atau refund barang jika ada kerusakan untuk kenyamanan dari kedua belah pihak.

Waktu Pengiriman

Setiap marketplace dapat memiliki waktu pengiriman yang berbeda-beda. Apalagi jika kamu dapat memesan dalam jumlah banyak. Pastikan kamu mengerti akan waktu pengiriman ini, dan kamu dapat merencanakan penjualan toko kamu dengan baik.

Ikut Komunitas

Importir.org

Cara mudah lain untuk mendapatkan supplier adalah dengan bergabung komunitas bisnis baik online maupun offline.

Jika kamu tertarik untuk mengimpor barang dari China, namun tidak ada koneksi, kamu bisa bergabung dengan importir.org. Mereka akan menghubungkan kamu dengan supplier-supplier tangan pertama di Negeri Tirai Bambu. Untuk komunitas online, kamu bisa coba mengecek website, seperti Kaskus atau Bersosial.com

Website Pembanding Harga

Pricebook.co.id

Jika kamu sudah tau merk atau brand apa yang ingin kamu jual dan kamu ingin mencari harga termurah, gunakan website pembanding harga seperti, pricebook.co.id, priceprice.com atau telunjuk.com. Di website tersebut, kamu dapat memasukan brand yang kamu cari, lalu website tersebut akan menunjukan variasi harga dari toko-toko yang berbeda. Bandingkan juga harga dengan toko-toko yang ada di marketplace untuk mendapatkan harga termurah.

Pada akhirnya, dalam proses mencari supplier, bukan hanya harga murah saja yang kamu cari, tetapi juga kualitas dan kredibilitas dari supplier tersebut. Sama halnya juga saat kamu menjual dan menjalankan online shop kamu. Pastikan jadi online shop yang bisa dipercaya dan dapat menjaga kualitas barang dan pelayanan kamu. Salah satunya adalah dengan memenuhi pesanan dan pengiriman tepat waktu dan menjaga kualitas dari packing atau kemasan barang itu sendiri. Pastikan cara kerja operasional toko kamu efisien dan karyawan atau tenaga kerja packing yang kamu pakai adalah tenaga yang handal dan berpengalaman. Jika kamu bingung, jangan ragu. Hubungi Antara Packer, karena kami telah menyediakan berbagai layanan yang bertujuan untuk memudahkan operasional online shop kamu, sehingga kamu dapat memberikan pelayanan terbaik ke customer kamu! #SantaiGan