Untuk bisa sukses dalam bisnis, tentunya kita harus satu langkah lebih maju dari kompetitor kita. Di era digital ini, data dan informasi semakin mudah diakses. Tentu saja, untuk bisnis, data yang kamu perlu perhatikan adalah data mengenai penjualan kamu. Dari data ini, kamu bisa mengetahui banyak hal tentang bisnis atau online shop kamu yang mungkin tidak terlihat dari kasat mata, misalnya, barang mana yang paling laku, inventori yang tidak bergerak, atau juga profit bersih kamu berapa. Jadi ini beberapa data penjualan yang penting untuk kamu perhatikan:

Total Penjualan dan Biaya Dikeluarkan

Untuk mengukur laba kotor dan laba bersih, kamu tentunya perlu tau total penjualan dan biaya yang dikeluarkan berapa. Apa bedanya laba kotor dan laba bersih? Laba kotor merupakan hasil bersih pendapatan penjualan dikurangi oleh harga pokok penjualan (HPP). Harga pokok penjualan adalah modal atau harga dari produk yang dijual itu sendiri. Sedangkan, untuk menghitung laba bersih, pendapatan harus dikurangi dari seluruh biaya perusahaan. Biaya-biaya ini bisa mencakup dari gaji tenaga kerja hingga biaya sewa tempat.

Terus, kenapa sih kita perlu tau laba kotor dan bersih kita? Dengan mengetahui margin sebenarnya, kita dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat dan akurat untuk perencanaan bisnis kita. Misalnya, jika kita ingin mendapatkan margin yang lebih besar, kita bisa memulai dari menganalisa seluruh pengeluaran kita. Kita akan menemukan celah-celah dimana mungkin kita bisa berhemat. Mungkin kamu tidak membutuhkan 5 orang tenaga kerja atau mungkin kamu bisa pindah ke tempat yang lebih murah. Atau bisa jadi, ternyata dengan meng-outsource beberapa pekerjaan kamu ke kontraktor atau orang lain, biaya operasional kamu jadi lebih murah.

Kalau ternyata kamu membutuhkan tenaga lebih untuk packing, Antara Packer siap membantu! Tenaga kerja yang kami sediakan berkualitas, terpercaya dan terlatih. Pasti kerjaan kamu beres semua. Untuk pemesanan, klik link dibawah ini:

https://www.antarapacker.com/layanan

Jumlah Pesanan

Untuk online shop, jumlah pesanan adalah data yang cukup crucial atau penting untuk diketahui supaya dapat mengambil keputusan yang tepat dalam perencanaan bisnis. Dengan diketahuinya jumlah pesanan, kita dapat merencanakan jumlah sumber daya atau tenaga kerja yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan.

Dari data ini pun kamu sebenarnya dapat memprediksi jumlah pesanan kamu yang akan datang di masa depan. Kunci nya adalah dengan membandingkan jumlah pesanan dengan periode waktu yang telah kamu tentukan dengan cara membuat grafik. Dengan grafik, kamu bisa mengetahui perilaku dari konsumen dan data itu sendiri. Tapi untuk melakukan ini, kamu membutuhkan sample yang banyak. Dalam arti kata lain, semakin lama periode waktu yang kamu tarik dan juga semakin banyak data yang kamu pegang, semakin akurat prediksi dari data kamu. Misalnya, dari data jumlah pesanan setiap hari selama setahun, kamu melihat kalau rata-rata dari penjualan kamu melonjak tiga kali lipat. Nah, untuk diwaktu yang akan datang, kamu bisa menyimpulkan bahwa penjualan kamu juga akan melonjak tiga kali lipat selama event sale. Dengan ini, kamu bisa menyiapkan sumber daya dan tenaga kerja kamu dengan baik dan benar.

Jumlah SKU Terjual

Banyak orang berpikir, semakin banyak jenis barang yang mereka jual, semakin bagus atau sehat online shop mereka. Belum tentu lho. SKU adalah singkatan dari stock keeping unit. SKU itu unik untuk setiap jenis barang. Bahkan jika itu barang yang sama, namun memiliki varian yang berbeda (seperti ukuran atau warna), tiap varian itu sendiri juga memiliki SKU masing-masing. Terus kenapa kita harus memperhatikan data ini?

Misalnya, toko kamu menjual 30 jenis barang yang berbeda namun semua penjualan hanya datang dari 10 jenis barang. Kalau begitu, berarti 20 SKU yang kamu punya bisa dibilang deadstock. Dari sini, kamu bisa merencanakan strategi supaya kamu bisa menjual 20 SKU yang kurang laku itu dan membuat space atau ruang gerak baru di gudangmu. Kamu bisa juga melakukan cuci gudang khusus barang-barang ini dan menaikan jumlah sales kamu.

Kami dari Antara Packer, mengerti akan kebiasaan online seller di Indonesia yang berjualan bukan hanya di satu platform/marketplace, tapi di marketplace yang berbeda-beda untuk barang yang sama. Akses untuk ke data ini menjadi tantangan tersendiri untuk online shop di Indonesia. Oleh karena itu, kami telah mengembangkan aplikasi yang gratis untuk dipakai untuk para online seller yang menggabungkan seluruh pesanan dari marketplace yang berbeda-beda. Aplikasi ini akan menginformasikan data penjualan, mulai dari total penjualan, jumlah pesanan, hingga SKU yang terjual. Kami pun juga sudah menyajikan grafik sebagai representatif visual dari penjualan anda.

Seluruh pesanan dari berbagai marketplace pun juga akan masuk ke sistem kami. Salah satu kendala sebagai online seller yang berjualan di berbagai marketplace adalah, terkadang seringkali ada pesanan yang tertinggal karena untuk menerima semua pesanan, admin harus mengakses semua platform sekaligus, yang bisa jadi membingungkan. Dengan aplikasi kami, tidak ada lagi yang tertinggal, karena semua pesanan muncul di platform yang sama.

Klik link dibawah ini untuk mengakses aplikasi kami secara GRATIS :)

app.antarapacker.com