Di jaman yang serba modern ini, kita sama sama mengetahui bahwa perilaku pasar saat ini lebih condong terhadap online market. Banyak pilihan marketplace yang memberikan berbagai penawaran menarik.

Jika 10 tahun lalu banyak anak muda atau angkatan kerja baru yang pergi ke mall untuk membelanjakan uang nya ke Mall membeli berbagai barang yang diinginkannya. Tidak dengan era ini, setiap gajian kebanyakan anak muda akan membuka aplikasi market place yang memberikan harga terbaik untuk barang yang mereka mau, atau bahkan sekedar melihat lihat bila ada barang yang menarik dengan harga yang bagus.

Perubahan perilaku pasar ini tentunya membuat kondisi pasar juga berubah. Dahulu para pelaku pasar ingin membuka toko secara fisik di mall atau pertokoan, namun tidak dengan sekarang ini. Banyak pelaku pasar lebih memilih untuk membuka toko online di berbagai marketplace. Para pelaku pasar lebih memilih toko online karena selain perilaku pasar yang memang bergeser ke online, membuka toko online jauh lebih mudah dan murah di banding toko fisik biasa. Tidak diperlukan biaya sewa atau dekorasi toko yang mahal. Hal ini lah yang membuat online market menjadi primadona bisnis saat ini bagi para pelaku pasar. Para pelaku online market sering di sebut juga dengan Seller.

Toko online memang mudah untuk di buka, namun pada kenyataannya menjalankan toko online tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal operasional dan marketing yang membutuhkan keahlian khusus untuk bisa menjadi top seller di berbagai marketplace. Operasional toko online memegang 50% faktor yang membawa sebuah toko online bisa menjadi top seller di market place. Namun menjalankan operasional toko online tidaklah mudah, sebagai seller kita di tuntut untuk selalu cepat dalam menyelesaikan pesanan yang masuk. Semakin banyak penjualan toko online, maka kewajiban untuk menyelesaikan pesanan juga semakin ketat dan cepat. Hal ini dikarenakan persaingan yang terjadi antar market place untuk memberikan layanan yang terbaik, sehingga para seller juga otomatis ikut dalam persaingan ini. Semua seller pasti akan mengejar rating yang tinggu dari para pembeli nya karena hal ini akan mempengaruhi marketing toko serta product mereka Rating yang tinggi akan diberikan bukan berdasarkan harga yang bagus, melainkan karena kemampuan operasional toko online dalam memproses pesanan itu. Semakin baik operasional sebuah toko maka rating yang di berikan juga semakin baik.

Rating

Berikut hal hal yang menjadi indikator rating yang tinggi :

1. Ketepatan waktu

Setiap market place memberikan informasi status pesanan kepada pembeli, jika kita sebagai seller lama dalam proses penerimaan, maupun pengemasan, atau lambat saat penyerahan ke agent kurir. Hal ini lah yang mebuat para pembeli kesal dan kecewa karena lama dalam menerima barang nya.

2. Kerapihan Kemasan

Kualitas kemasan yang baik dan rapih juga berpengaruh terhadap rating, perlu kita ingat bahwa sebagai seller kita harus mempersiapkan kemasan barang pesanan yang melewati berbagai macam kondisi seperti berdempetan, tertekan, terbanting, dan hal lainny ayang tidak dapat diprediksi.

3. Kualitas Produk

Tentu hal ini menjadi bagian yang paling penting dalam mendapatkan rating yang tinggi. Namun secara logika sebenarnya para pembeli juga hanya melihat kualitas barang secara kasat mata ( belum di test). Hal ini terbukti dengan banyak nya ulasan berserta foto barang yang masih di kemas. (tidak semua pembeli berperilaku sama)

Sekarang kamu telah mengetahui bagiamana cara untuk mendapatkan rating yang tinggi dalam review oleh pembeli, namun dalam pelaksanaan nya tentu tidak semudah itu. Semua kualitas yang dihasilkan bergantung dari SDM atau tenaga kerja yang melakukan pekerjaannya masing masing. Jika 1 orang melakukan terlalu banyak pekerjaan maka kualitasnya juga pasti akan menurun. Untuk menghindari kesalahan kesalahan yang mungkin akan terjadi pada online shop kamu, Kita akan membahas secara detail mengenai operasional online shop.

Pertama kita harus mengetahui pekerjaan apa saja yang ada dalam operasional online shop ketika sebuah pesanan masuk dari market place :

  1. Memeriksa daftar pesanan masuk Daftar Pesanan Masuk

  2. Cek stock
  3. Menerima atau menolak pesanan sesuai ketersediaan stock
  4. Mencetak working order ( detail item , dan alamat pembeli) Working Order

  5. Mengambil barang di gudang ( Picking)
  6. Melakukan pengemasan ( Packing )
  7. Menempelkan alamat pada paket Label Paket

  8. Mengantar paket ke agen kurir , atau memanggil agen kurir untuk menjemput paket

8 hal di atas adalah step - step yang sangat signifikan dalam menerima sebuah pesanan. Jika pada tahun 2012- 2015 an satu satunya cara untuk menjalankan sebuah online shop adalah dengan memiliki karyawan sendiri , namun dalam era yang semakin berkembang ini, kita dihadapkan pada banyak pilihan untuk menjalankannya. Mulai dari Fullfilment center sampai Jasa Packing On - Demand ( panggilan). Kita akan membahas satu persatu kelebihan dan kekurangan yang di miliki dari setiap jenis model operasional, sehingga kamu bisa menentukan model apa yang cocok dengan online shop kamu. Check this out

1. Karyawan Sendiri

Memiliki Karyawan sendiri biasa yang saat ini menjadi pilihan banyak orang dalam menjalankan online shop. Ada beberapa keuntungan yang di dapat dari memiliki karyawan sendiri seperti :

+ Dapat mengerjakan berbagai macam perintah

+ Memiliki biaya operasional yang murah

+ Semakin lama semakin familiar dengan barang stock online shop

Namun memiliki karyawan sendiri justru baru akan terasa efisien secara biaya jika mampu melatih dan menciptakan sistem kerja yang baik dan rapih. Berikut beberapa contoh kekurangan dari memiliki karyawan sendiri :

- Fix Cost for Variable Income

Biaya beban gaji yang tetap( FIX) , tapi pemasukan online shop bersifat fluktuatif ( naik turun tidak pasti/ bervariasi). Hal ini secara ilmu ekonomi sudah sangat rentan karena melandaskan biaya yang tetap/ konstan, untuk bisnis yang pemasukannya tidak menentu. Artinya bisnis online shop kamu memiliki posisi yang sangat rentan.

- Performa Karyawan

Sulit untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Sehingga sulit mengetahui apakah ada bagian tertentu dalam operasional online shop yang dapat diefisienkan, hal ini secara tidak sadar memotong profit / untung yang ada , padahal pemasukanya saja sudah cukup variatif

- Minim Pengembangan Diri

Salah satu keluhan yang paling sering kami dengar adalah , minimnya rasa untuk belajar dari para karyawan, di saat owner harus menerapkan suatu sistem baru untuk mempermudah pekerjaan, proses adaptasi karyawan menjadi musuh no.1 dalam hal ini.

- Ketergantungan SDM

Tanpa management yang baik , kita akan bergantung pada individu tertentu. Saat salah satu karyawan kita tidak masuk izin, atau berulah, bahkan mungkin harus resign dengan cepat kita akan kewalahan karena tidak ada sistem yang menopang. Suka tidak suka perputaran karyawan ( turnover) adalah salah satu hal yang tidak bisa kita hindari. Hal ini tetap saja jarang di persiapkan oleh para seller online shop.

- Standard operasional yang tidak efisien

Sebagai seller online shop tentu banyak hal yang harus dipikirkan oleh kamu sebagai ownernya. Memiliki standard operasional yang efisien artinya kamu harus bisa menyelesaikan sebuah pesanan dengan cepat, rapih, dan dengan biaya yang masih masuk ke dalam budget. Perlu di akui bahwa menciptakan suatu standard tidaklah mudah dan harus direncakan berulang kali berdasarkan pengalaman. Sangat sering seller TERJEBAK dalam proses operasional ini yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga, yang jika dikonversikan waktu dan tenaga ini untuk strategi penjualan, akan mendatangkan penghasilan yang lebih besar.

Namun pasti dalam benak pikiran seller online shop mereka takut untuk menambah volume penjualan karena ketidakmampuan dalam menyelesaikannya, ini seperti sebuah masalah klasik manakah yang lebih dahulu ayam atau telur ?

Nah memiliki karyawan sendiri memang memiliki keuntungan dan kekurangan, tergantung seberapa baik SDM yang kita miliki. Tidak semua SDM di Indonesia memiliki kekurangan seperti di atas, dan jika kamu sebagai seller memiliki pengalaman dalam menciptakan standard operasional ini tentunya akan sangat membantu dan membuat kamu terhindar dari beberapa kekurangan di atas. Tapi sekali lagi apakah seluruh rutinitas yang sangat memusingkan ini sepadan dengan penjualan yang bisa kamu tingkatkan?

2. Fulfillment Center

Fulfillment Center

Layanan fulfillment ini termasuk baru di Indonesia, fulfillment center adalah sebuat gudang yang di jadikan pusat distribusi dari berbagai penjual, Artinya dalam satu gudang fulfillment center mereka

  • menyimpan barang online shop kamu dan banyak online seller lainnya.
  • memproses pesanan yang masuk ke online shop kamu baik secara sistem otomatis( Integrasi API) maupun manual ( by order oleh seller)
  • melakukan pengemasan.
  • terakhir melakukan pengiriman pada customer melalui agen kurir pilihan kamu.

Kita harus mengenal terlebih dahulu siapa penyedia layanan ini. Sebagai contoh :

Fulfilled by Marketplace

Marketplace menyediakan layanan fulfillment center ini, namun mereka hanya memproses pesanan yang masuk dalam marketplace mereka. Misalnya Tokopedia memiliki

Toko Cabang

Toko Cabang

Shoppe memiliki Fulfilled by Shoppe ( FBS)

Fulfilled by Shopee

Lazada memiliki Fulfilled by Lazada ( FBL)

Fulfilled by Lazada

Dan masih banyak lagi fulfillment yang disediakan oleh marketplace di Indonesia.

Fulfilment center outsorce (non marketplace)

Banyak perusahaan saat ini yang menyediakan layanan fulfillment center, ada sekitar 7- 10 perusahaan yang mencoba menawarkan layanan ini. Jika menggunakan fulfillment yang non marketplace tentu mereka dapat melayanani berbagai macam sumber pembelian. Berikut contohnya :

Crewdible Jet Commerce Keep Pack ACommerce

Layanan ini tentu sangat memudahkan seller dalam menjalankan operasional online shopnya. Berikut keuntungan yang di dapat jika menggunakan layanan fulfillment center :

+ Mudah dan Praktis

Bayangkan saja kamu sebagai seller bisa menyerahkan hampir 60% dari operasional online shop kamu kepada fulfillment center, dan tinggal hanya mengerjakan bagian administrasi lainnya serta dapat lebih focus lagi berjualan.

+ Tepat Waktu

Masih ingat dengang salah satu indikator untuk mendapatkan rating yang tinggi? Ya, ketepatan waktu menjadi salah satu fitur yang dapat diberikan oleh layanan fulfillment center kepada para online shop. Fulfillment center memiliki alur kerja yang cukup efisien dan punya SDM terlatih yang cukup banyak.

+ Kerapihan Kemasan

Untuk masalah kerapihan pengemasan juga telah tersandarisasi dengan baik. Namun jika kamu biasa menggunakan kemasan yang memiliki branding sendiri, biasanya fulfillment tidak dapat melakukannya karena sudah disediakan kardus yang terisi oleh branding fulfillment itu sendiri. Walau beberapa penyedia layanan fulfillment ada yang dapat melakukannya , namun sangat jarang ditemukan.

+ Banyak Cabang

Fulfillment center memiliki banyak cabang di luar daerah Jabodetabek. Jika kamu berencana untuk mengembangkan bisnis kamu ke daerah lain, kamu bisa memanfaatkan jaringan cabang yang dimiliki oleh fulfillment center ini. Hal ini dapat dilakukan supaya kamu mendapat market yang lebih besar lagi di daerah.

Dari berbagai macam kelebihan yang di tawarkan oleh layanan fulfillment center ini , tentu terdapat beberapa kekurangan dari layanan ini, berikut kekurangan yang harus kita lihat dari layanan fulfillment center ini :

- HARGA yang sangat MAHAL

Biasanya para penyedia layanan fulfillment center hanya menyajikan sedikit informasi mengenai harga layanannya, untuk fulfillment yang di sediakan oleh marketplace biasanya harganya memang di taruh secara jelas tanpa embel embel apapun, harga yang di patok cukup tinggi dan di pecah kedalam beberapa tier jumlah pesanan. Fulfilment yang di sediakan oleh pihak non marketplace agak sedikit berbeda. Dilihat dari penawaran awal memang terlihat sangat jauh lebih murah dari yang ditawarkan oleh fulfillment marketplace, namun di balik itu ternyata cukup banyak peraturan yang menyematkan beberapa biaya extra. Anda harus cukup teliti dan mempelajari betul betul sebelum memtuskan menggunakan fulfillment non markeplace mana yang anda akan gunakan.

- Tidak Flexible

kamu pasti pernah merasakan di mana seorang pembeli batal membeli model type atau warna tertentu dari barang kamu ,dan ingin mengganti dengan yang lain. Hal ini dilakukan biasanya lewat chat di toko atau di comment komentar, namun jika anda menggunakan layanan fulfillment center anda tidak bisa memiliki kebebasan seperti ini karena semua sudah di atur oleh system.

- Sulit untuk Stock Opname

Salah satu kelemahan dari Fulfillment center adalah kita harus percaya pada laporan barang yang diberikan, sehingga baru akan terdeteksi ketika terjadi kegagalan transaksi karena miss stock. Beberapa fulfillment center memberikan izin untuk kita melakukan stock opname, namun artinya seller harus pergi ke gudang fulfillment untuk melakukannya. Hal ini cukup merepotkan dibanding memegang stock sendiri.

3. Jasa Packing On - Demand

Nah saat ini ada layanan terbaru yang memberi pilihan solusi untuk operasional online shop di Indonesia. Jasa Packing On - Demand atau bisa juga kita sebut jasa packing panggilan. Jasa Packing ini mulai menjamur di area Jakarta dan Tangerang. Saat ini penyedia jasa packing On- Demand di Indonesia hanya dimiliki oleh Antara Packer. Antara Packer akan mengirimkan mitranya ke tempat seller baik itu gudang ataupun rumah yang menjadi tempat penyimpanan stock. Jenis layanan ini menjadi opsi yang cukup banyak dipilih oleh seller online shop karena harga yang lebih bersaing di banding fulfillment center serta kemudahan dalam hal flexibilitas operasional nya seperti menggunakan karyawan sendiri. Seller dapat dengan bebas memanggil Jasa Packing ini kapan saja saat dibutuhkan. Berikut beberapa kelebihan yang di dapat dari jenis layanan Jasa packing On - Demand ini:

+ Harga Kompetitif

Layanan Jasa Packing On - Demand yang di sediakan oleh Antara Packer ini memiliki range harga yang sangat kompetitif di banding harga fulfillment center. Bukan saja kompetitif, Antara Packer memberikan flexibilitas harga yang sangat beragam karena menawarkan berbagai macam paket yang dapat dipilih oleh seller yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhannya. Antara Packer menawarkan 3 jenis paket pilihan. ( check paket di website, kasih link)

+ Fleksibilitas Operasional

Seller yang menggunakan layanan ini memiliki kebebasan untuk mengontrol barang barangnya sendiri dan melakukan stock opname dengan mudah karena semua stock di pegang sendiri oleh seller. Seperti yang di sebutkan Point di atas, Antara packer menyediakan layanan yang cukup beragam agar dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan , mulai dari layanan yang lengkap utuh seluruh operasional yang ada, sampai layanan kecil yang sengaja dipisahkan

+ Fleksibilitas Biaya

Dengan layanan tipe baru ini kamu sebagai seller juga memiliki fleksibilitas dalam hal biaya operasional dibanding menggunakan karyawan sendiri. Jika dahulu penambahan faktor biaya dihitung secara per orang ( Karyawan) maka jika menggunakan layanan jasa packing on - demand kamu bisa menambah tenaga kerja yang dihitung secara per pesanan. Artinya dalam contoh sehari hari jika kamu hanya butuh 1,5 kali dari kemampuan karyawan kamu saat ini kamu bisa melakukan nya dengan jasa packing on - demand Antara Packer, di banding kamu harus menyewa 2 karyawan tambahan atau memaksa 1 karyawan tambahan berkerja sampai lembur.

+ Tenaga kerja terlatih

Salah satu masalah saat menggunakan tambahan karyawan extra atau karyawan harian adalah kita tidak bisa memilih kemampuan dan latar belakangnya. Sehingga sering kali kemampuannya dalam menyelesaikan order baik secara quality maupun quantity tidak bagus. Jasa packing on - demand Antara Packer menyiapkan karyawan yang sudah terlatih untuk melakukan pengemasan barang dan disertai dengan dukungan tekhnologi untuk memastikan pekerjaan dapat di selesaikan dengan baik dan cepat.

Penggunaan layanan jasa packing on - demand Antara Packer ini memberikan kemudahan pada seller online shop untuk memiliki sistem fulfillment center di gudang masing masing online shop. Dengan layanan ini seller bisa sepenuhnya menyerahkan proses operasional kepada Antara Packer dan memfokuskan waktu serta tenaga untuk mendatangkan lebih banyak lagi penjualan.

Summary

Nah itu tadi ulasan mengenai beberapa pilihan yang bisa digunakan dalam menjalankan operasional sebuah online shop. Kamu bisa memilih kira kira mana yang paling cocok dengan kamu.