Kita semua mengetahui di indonesia memiliki begitu banyak macam marketplace yang menarik perhatian. Sebut saja mulai dari yang paling terkenal saat ini seperti Tokopedia , Shoppe, Bukalapak. Sampai marketplace yang memiliki specialisasi tersendiri seperti The Shonet , Sociolla, Zalora, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini kita akan membahas secara detail mengenai market dari setiap marketplace ini supaya kamu tidak salah masuk marketplace. Without any further due , here’s the review ! ( disclaimer : review berdasarkan jenis market bukan berdasarkan tipe bisnis)

Marketplace Toserba

Tentunya ini hanya perumpamaan untuk mempermudah kita semua mengerti market yang di jalankan marketplace ini. Marketplace Toserba artinya mereka tidak memiliki market specific tertentu. Marketplace toserba membebaskan para seller untuk menjual apa pun yang seller miliki dengan tetap memperhatikan aspek hukum yang ada. Marketplace seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, Blibli, Lazada, JD.ID. Marketplace ini menyediakan berbagai macam kategori untuk para seller. Sehingga dapat mengelompokan atau mensegmentasikan listingan nya dengan rapih. Kamu dapat menjual berbagai macam jenis barang yang tidak terkait, namun harus tetap di kelompokan dalam kategori / etalase yang berbeda.

Setiap marketplace di atas memiliki market tersendiri, sebagai contoh :

Tokopedia

Tokopedia memiliki banyak jenis kategori yang dapat kita pilih , namun sejak awal berdirinya tokopedia banyak di dominasi oleh pembeli laki laki , berdasarkan pengalaman kami bertemu beberapa penjual kebanyakan fashion laki laki lebih laku melalui platform tokopedia.

Shoppe

Shoppe sejak awal banyak di dominasi oleh pembeli wanita, fashion wanita ,peralatan bayi , dan kebutuhan wanita lainnya. Namun sejak Shoppe menggunakan Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador , shoppe mulai menarik perhatian pembeli pria.

JD.ID

kebanyakan adalah official store dari banyak big brand di Indonesia, maka dari itu mereka menggunakan tagline #PASTIORI atau dalam kata lain pasti original, hal ini tentu karena penjualnya adalah pemegang merek langsung. Jadi tentu saja jika anda bukan pemegang merk dagang , tidak terlalu disarankan untuk membuka toko di JD.ID /images/blog4-jdid.png

Lazada

Lazada banyak di dominasi oleh barang dari China sejak bergabung dengan alibaba.com. Pastikan kamu memiliki barang yang otentik atau meiliki khas tersendiri. Karena banyak barang barang yang umum namun di jual oleh penjual dari China

Tentunya hal ini tidak sepenuhnya 100% akurat, ini hanya gambaran dari luar mengenai tiap marketplace tersebut , namun dari sini kita dapat memilih marketplace mana yang lebih menjadi fokus kita dalam berjualan. Jika kita berjualan pakaian perempuan tentunya kita akan memfokuskan pada Shoppe , namun ini artinya bukan berarti kita tidak melisting barang kita di marketplace lain. Contoh lain jika anda berjualan barang barang elektronik bermerek kamu bisa berjualan di marketplace seperti tokopedia, shoppe namun tidak dengan JD.ID karena di sana kamu akan bersaingan langsung dengan pemilik brand elektronik tersebut. Keadaan ini akan terus berubah seiring berjalan waktu. Kita harus selalu memperhatikan perkembangan pasar yang ada.

Marketplace Niche

Marketplace dengan market khusus ini sangat spesifik di bidang nya masing masing. Ada yang bergerak di bidang kecantikan , otomotif, hingga perkakas alat berat. Pengunjung jenis marketplace ini biasanya ingin mencari barang yang lebih spesifik yang tidak terdapat di marketplace biasa atau yang kita sebut toserba tadi. Jika kamu berjualan dalam Marketplace niche seperti ini kamu harus menguasain spesifikasi barang yang kamu jual dengan baik , karena buyer dalam marketplace ini juga mencari barang dengan spesifikasi yang sudah mereka tentukan. Berikut beberapa marketplace dengan niche market yang ada di Indonesia

Cosmetic

Dalam kategori ini ada marketplace Sociolla

Fashion

Dalam kategori ini ada marketplace The Shonet, Zalora, Sorabel, Berrybenka, Zilingo

Hardware Tools

Dalam kategori ini ada marketplace Monotaro

Computer and Aksesoris

Dalam kategori ini ada marketplace Bhinneka

Pada marketplace dengan pasar khusus atau niche seperti di atas kamu harus pastikan masuk kedalam marketplace yang benar. Jangan sampai kamu berjualan kosmetik namun melakukan listing di marketplace yang tidak sesuai seperti Monotaro, yang jelas peruntukannya adalah untuk tools.

Intinya adalah kita harus mengetahui tipe tipe mayoritas pengunjung dari setiap marketplace yang ada. Kita harus mencari market yang sesuai dengan barang yang akan kita jual. Pemilihan fokus marketplace ini ditujukan agar kita tidak mengejar market yang salah. Semua markeplace akan berlomba - lomba untuk menjaring market sebanyak mungkin. Maka dari itu seperti yang tadi sempat kami ingatkan di atas bahwa mayoritas pengunjung tiap marketplace akan terus berubah seiring dengan usaha tiap marketplace untuk menarik pengunjung/ pembeli.

Kita ambil contoh Robert. Robert adalah seorang online seller batik. Biasanya Robert menggunakan tokopedia sebagai marketplace utamanya, karena Tokopedia secara mayoritas dikunjungi oleh laki laki. Robert juga membuka account di Shoppe namun tidak terlalu fokus diutamakan karena dahulu sejak awal kemunculannya Shoppe memiliki mayoritas pengunjung atau pembelinya adalah kaum perempuan terlihat dari pemilihan brand ambassador mereka sebelumnya Black Pink. Namun pada pertengahan tahun 2019, tepatnya Agustus 2019 Shoppe menggunakan bintang besar sepak bola Christiano Ronaldo sebagai brand ambassador mereka.

/images/blog4-shopee.png

Mulai sejak saat itu ada transisi perubahan pengunjung maupun pembeli dari Shoppe. Ada kenaikan traffic kaum pria pada Shoppe karena menggunkan role model yang banyak di ikuti dan dikagumi oleh kaum pria. Sebagai online seller Robert dapat membaca pergerakan ini, maka Robert sekarang mulai juga memperhatikan Shoppe sebagai toko utamanya. Hal ini adalah salah satu usaha dari marketplace untuk menjaring lebih banyak lagi pengunjung maupun pembeli.

Hal yang tidak jauh berbeda juga dilakukan oleh Tokopedia , melihat dominasi Shoppe dalam menjaring kaum perempuan, Tokopedia pada tahun 2019 tepatnya bulan Oktober menggunakan Brand Ambassador Group Band asal Korea Selatan BTS ( Bangtan Sonyeondan).

/images/blog4-tokopedia.png

Penggunaan BTS sebagai brand ambassador Tokopedia jelas untuk memikat para pengunjung maupun calon pembeli dari kaum perempuan.

Jika kita cermati , terlihat pemilihan brand ambassador ini hanya berbeda beberapa bulan. Hal ini terjadi karena perlombaan di antara marketplace yang ingin meraup sebanyak mungkin pengunjung ataupun calon pembeli yang ada. Artinya perubahan market dapat terjadi dengan cepat dan kamu sebagai seller online shop harus jeli melihatnya.